Minggu, 27 April 2008

jangan asal beli AC !!!

apa sih, yang harus diperhatiin saat mau beli AC?, terkadang orang hanya memperhatikan design n harganya saja, or teknologinya, tapi yang tidak kalah penting tentang funsingnya serta kehematan energinya, supaya gak terjadi pembengkakan tagihan listrik..., jadi mari sesuaikan kapasitas ac dengan ruangan yang mau di dinginkan.

yang harus di perhatiin saat beli ac, ialah kapasitas ac yang kita butuhkan, gimana cari taunya?...bedasarkan sok tau gua, untuk mendinginkan ruangan (temperatur 25C) yang tinggi plafonnya 3 meter, di butuhkan 500 BTU/m2 (siang hari) dan 350 BTU/m2 (malam hari). jadi untuk mendinginkan ruangan yang luasnya 10 m2, dibutuhkan sekitar 5000 BTU (british thermal unit) ato setara dengan 0,5 PK.

setelah mengetahui kapasitas yang dibutuhkan, maka selanjutnya yang harus di perhatikan ialah tentang seberapa hemat ac tersebut terhadap daya listrik yang digunakan. caranya ialah dengan memperhatikan input powernya (bisa dilihat di brosur ac tersebut. makin kecil konsumsi dayanya maka makin iritlah ac tersebut. cara menghitungnya ialah dengan membagi kapasitas ac dengan konsumsi powernya. jika di brosur A (kapasitasnya 5000 BTU dgn 340 watt), sedangkan brosur B (kapasitas 5000 BTU dgn 330 watt), maka dapat di simpulkan bahwa ac B, lebih baik dibandingkan dgn ac A.

sok tau gua lagi nih, udah ada 2 brand ac yang masuk kategori B, yaitu S*A*P (330 watt) dgn iklan sayonaranya dan *G (320 watt) dgn iklan kpknya....

Tidak ada komentar: